Sabtu, 22 September 2012

diagram package

Package Diagram : Basic Concepts


Bagi yang pernah belajar jaringan komputer tentu tidak asing dengan istilah package. Package yang dalam bahasa Indonesianya berarti paket dalam dunia networking dimanfaatkan dalam komunikasi datanya dimana data tidak dikirimkan langsung dalam bentuk binernya melainkan dikelompokkan terlebih dahulu dalam paket-paket. Package diagram merupakan salah satu dari delapan/sembilan diagram UML. Atau saat kita download salah satu installer linux, yang kita download berupa package-package. Dalam literatur pemrograman dengan visual basic, saat akan mendeploy software yang baru kita buat kita diminta untuk mengambil package-package yang dibutuhkan. Sedangkan dalam bahasa Java dan C++, package selalu diimport saat kita menuliskan code programnya.
Package merupakan kumpulan dari class. Penggambaran diagram Package mirip dengan simbol folder dalam Microsoft Windows. Kita ambil kasus pada sistem penjualan dan pembelian, maka kita dapat membuat dua package yaitu package penjualan dan package pembelian. Di dalam package penjualan kita bisa menggambarkan use case penjualan. Salah satu manfaat package adalah kemampuannya untuk digunakan pada component lainnya. Dalam menggunakan package sistem lain dikenal dua istilah yaitu:
1. Import Package: Meminjam package lain yang bertipe public.
2. Access Package: seperti import hanya saja tipe package berubah menjadi private.
Import dilukiskan dengan garis putus-putus dengan panah menunjuk pada package induk (si pemilik kelas) dengan tulisan "import" dekat garis putus-putus tersebut. Sedangkan access dengan cara yang sama, hanya saja tulisan "import" diganti dengan "access".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar